Bimbingan Mengaji, Menghafal Al-Qur’an Dan Melatih Kemampuan Bahasa Arab Melalui Les Untuk Anak-Anak Di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu

Authors

  • Ahmad Khotibul Umam Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Hafizha Aditya Putri Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.2

Keywords:

Bimbingan Mengaji, Menghafal Al-Qur’an, Les

Abstract

Sejak usia dini anak – anak kita memang harus dikenalkan dengan Al-Qur’an karena Al-Qur’an sumber dari berbagai ilmu dan merupakan salah satu dari Rukun Iman yang harus diyakini oleh setiap orang yang beriman. Oleh karena itulah, menjadi kewajiban kita bersama terutama orang tua dan lingkungan keluarga untuk membina dan mendidik anak – anak mereka untuk lebih dahulu mengenal dan bisa membaca Al-Qur’an sebelum mengenal hal – hal yang lainnya Namun, saat ini sudah menjadi rahasia umum bahwa minat untuk belajar terutama belajar membaca Al-Qur’an dikalangan sebagian anak usia sekolah di Indonesia semakin berkurang. Apalagi anak usia sekolah 7-12 tahun yang masih senang bermain mencoba hal-hal baru dan menarik perhatian orang lain. Tujuan diadakannya program ini, kami berharap anak-anak di Desa Bondan dapat memahami serta mempraktikkan kehidupan beragama di Desa Bondan dengan lebih baik lagi. Hambatan merupakan hal yang pasti akan ditemukan dalam suatu program. Terdapat dua hambatan, yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Metode yang digunakan metode ceramah. Sedangkan pada program pendukung tambahan ini yakni les Bahasa arab bertujuan untuk melatih kemampuan berbahasa Arab para peserta agar mudah memahami kitab berbahasa arab dan memberikan motivasi bagi peserta agar selalu melatih bahasa arabnya serta mewujudkan wadah pendidikan untuk anak dengan keterbatasan finansial melalui belajar tambahan yang berkualitas dan tanpa pungutan biaya. Dengan harapan kegiatan ini mampu membangun mereka menjadi generasi muda yang cerdas dan cinta bahasa Arab sebagai bahasa Al-Quran. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan bernyanyi sambil menghafal supaya anak-anak merasa tidak terlalu keberatan untuk menghafal karena biasanya anak-anak mudah bosan dan mudah hilang fokus saat bimbingan belajar maka dari itu bisa diselingi nyanyian untuk mengembalikan fokus dan minat belajar anak-anak . Dapat ditarik kesimpulan bahwa Anak-anak di Desa Bondan sudah paham akan membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makhrojul hurufnya dan juga dapat menghafalkan sedikit demi sedikit Al-Qur’an minimal juz 30 atau surat-surat pendek dan anak-anak di Desa Bondan sudah bisa mengantongi sedit banyaknya pemendaharaan kosa kata Bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Ahmad Khotibul Umam, & Hafizha Aditya Putri. (2023). Bimbingan Mengaji, Menghafal Al-Qur’an Dan Melatih Kemampuan Bahasa Arab Melalui Les Untuk Anak-Anak Di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.2

Issue

Section

Articles