Bimbingan Menulis Kaligrafi Dan Menghafal Al-Quran Bagi Anak-Anak Desa Jayawinangun Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.3Keywords:
Kuliah, Pengabdian, Pemberdayaan, PendidikanAbstract
Dalam pengembangan masyarakat perlu adanya dorongan dan dukungan dari berbagai pihak seperti peran pemerintah maupun dari kalangan pendidikan untuk terciptanya masyarakat yang berkembang. mahasiswa yang mengikuti program rutin tahunan ini diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di desa tersebut untuk mengikuti kegiatan yang positif dan mampu menjalankan proker dengan baik dengan pengabdian dan membangun di lokasi kegiatan tersebut. Sebagian anak-anak di desa jayawinangun merupakan anak-anak yang memiliki kreativitas yang baik namun kurang pengembangan dibidangnya . sehingga salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam menumbuhkan mutu masyarakat adalah dengan ikut serta dalam program pengabdian di desa. “Bimbingan menulis kaligrafi dan menghafalkan Al-Quran “ merupakan salah satu program pendukung kegiatan pengabdian di desa jayawinangun dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan, kreatifitas dan hafalan anak. Memiliki tujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sejak usia dini dan memberi wawasan dasar tentang seni-seni dalam islam meningkatkan pemahaman mengenai membaca dan menghafal Al-Quran dan juga menumbuhkan sepiritual pada anak dengan memberi pemahaman bacaan-bacaan dan hafalan, Al-Quran, agar anak dapat membaca Al-Quran dengan benar (fasih) sesuai dengan ilmu tajwid. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan demontrasi. Tujuan diadakannya program ini , kami berharap anak-anak di desa jayawinangun dapat memahami serta mempraktikan di kehidupan beragama di desa jayawinangun dengan lebih baik lagi.