Implementasi Mengaji Al-Qur’an Dengan Tajwid Dan Makhorijul Huruf Bagi Anak–Anak Desa Kedokanbunder Wetan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu

Authors

  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Fitria Amalin Christia ‘Nisa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.4

Keywords:

Tajwid, Al-Qur’an, Metode

Abstract

Tujuan program ini yaitu mengenalkan ilmu tajwid dan melatih pelafalan makhorijul huruf dengan benar kepada anak - anak Desa Kedokanbunder Wetan. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program bimbingan mengaji yaitu dengan mengaji bersama - sama kemudian mengaji satu persatu. Dan metode yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran tajwid serta makhorijul huruf yaitu dengan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Program Bimbingan mengaji sebagai upaya memperindah bacaan Al-Qur’an dengan tajwid dan makhorijul huruf bagi anak-anak di Desa Kedokanbunder Wetan memiliki tujuan dan manfaat. Dilihat dari mempelajari ilmu tajwid sendiri memiliki tujuan menjaga lidah agar terhindar dari kesalahan ketika membaca Al-Qur'an, mempelajari ilmu tajwid juga bertujuan agar dapat membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an dengan fasih sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Membaca Al-Qur'an dengan ilmu tajwid memelihara bacaan dari kesalahan dan perubahan. Dengan demikian, umat muslim membaca firman - firman Allah di dalam Al-Qur'an secara benar agar memperoleh ridha Allah dan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Jadi tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya tajwid serta membantu dan melatih pelafalan makhroj huruf dengan baik dan benar dalam membaca Al-Qur’an bagi anak - anak di Desa Kedokanbunder Wetan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Ibnu Rusydi, & Fitria Amalin Christia ‘Nisa. (2023). Implementasi Mengaji Al-Qur’an Dengan Tajwid Dan Makhorijul Huruf Bagi Anak–Anak Desa Kedokanbunder Wetan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.4

Issue

Section

Articles